Kasus pelecehan seksual berlanjut, tagar #MeToo viral di dunia politik

Sejumlah pengaduan kasus pelecehan seksual menjadi aib kancah politik Taiwan sejak minggu lalu. Pertama, mantan pengurus partai DPP mengeluh dilecehkan secara seksual oleh pihak luar, namun setelah meminta bantuan, kasusnya diabaikan oleh atasannya. Partai KMT dan Partai Rakyat Taiwan juga tak luput dari skandal ini setelah kasus pelecehan seksual tersingkap. Kemarin, seorang mantan pengurus politik menuduh Wang Dan, seorang aktivis pro-demokrasi Tiongkok, melakukan pelecehan seksual terhadap dirinya di sebuah hotel di New York, Amerika tahun 2014.

Aktivis pro-demokrasi Tiongkok dituduh melakukan pelecehan seksual

Seorang pria mantan pengurus politik memperlihatkan percakapan Facebook dengan aktivis pro-demokrasi Tiongkok, Wang Dan. Ia malah minta bantuan kepada asisten Wang. Pria ini mengatakan bahwa Wang melecehkannya secara seksual di hotel saat mereka bersama-sama pergi ke New York pada 6 Juni 2014. Ia juga memperlihatkan foto yang diambil di kediaman Wang untuk membuktikan kebenaran tentang apa yang dikatakannya.

==Pria yang menuduh Wang Dan melakukan pelecehan seksual ==
Saya seperti orang yang berdiri di depan mobil tank
Saya sangat takut
Karena saya merasa jika saya tidak hati-hati
Saya mungkin terbunuh oleh mobil tank kamu

Penuduh minta tanggapan lugas, Wang Dan sambut gugatan ke AS

Pria ini menyatakan bahwa ia akan membawa bukti untuk menggugat jika Wang Dan tidak memberikan tanggapan lugas sebelum tengah malam tanggal 6 Juni waktu Taiwan. Wang Dan melalui Facebook mengatakan dia menunggu gugatannya dan mendukung pencarian kebenaran melalui jalur hukum.

Fu Kun-chi bantah tuduhan pelecehan seksual, KMT mulai investigasi

Legislator KMT yang juga merupakan mantan Bupati Hualien juga dituduh seorang pekerja media senior wanita bahwa Fu melakukan pelecehan seksual terhadapnya pada tahun 2014. Fu Kun-chi mengeluaran tanggapan yang menekankan bahwa dia tidak pernah menggunakan wewenangnya untuk melecehkan wanita atau bawahannya selama 20 tahun karier politiknya dan siap untuk diusut.

Dituduh melakukan pelecehan seksual 8 tahun silam, Ho Chih-wei minta maaf

Selain itu, pada tanggal 4, seorang netizen pria melalui Facebook menuduh bahwa 8 tahun silam dia dilecehkan secara seksual oleh Ho Chih-wei yang merupakan Anggota Dewan Kota Taipei saat itu dan legislator DPP saat ini. Ia menyebut bahwa Ho tidak hanya menyentuh tangannya, tetapi juga menulis nomor ponsel di lengannya. Ho mengeluarkan pernyataan maaf atas ketidaknyamannya yang ditimbulkannya saat itu.

Wakil peneliti gudang data KMT dituduh melecehkan seksual terhadap wanita

Di sisi lain, wakil peneliti gudang data KMT yang bernama Albert Tzeng juga dituduh melakukan pelecehan seksual jangka panjang terhadap wanita. Pada tanggal 4, Albert melalui facebook meminta maaf kepada wanita yang tersinggung oleh ketidaksengajaannya.